Laman

Selamat Datang Bulan Sya'ban

Tiga bulan muharrah (yang di mulyakan) Allah, yaitu rajab sya'ban dan Ramadan. tepat hari ini sabtu 2 juli 2011 kita telah berpisah dengan bulan rajab dan kita memasuki bulan sya'ban. lalu apa persipan kita untuk memasuki bulan suci muharram selanjutnya yaitu bulan suci ramadan.? Pertanyaan ini menggema di lerung hati sanubari kita sebagai insan akademis yang sehari-hari bergelut dengan ilmu agama. sudahkan kita termasuk insan yang termasuk kategori " bertambah ilmu bertambah kedekatan kita dengan Allah" atau malah sebaliknya, kita bertambah ilmu bertambah jauh dengan Allah...? Ya Allah,.. Allahumma bariklana fi rojaba wa sya'ban wabaligna fi Ramadhan. do'a ini di ajarkan kepada umat Islam, oleh sang penakluk sang penolong pemberi syafa'at Nabi besar Muhammad SAW. apa sebenarya rahasia tiga bulan yang di mulyakan oleh Allah ini.?

Mari kita introfeksi diri kita masing-masing. Memanng manusia adalah hamba yang di beri sifat salah dan lupa, buka seperti makluk Allah yang suci tak pernah salah seperti malaikat. Tapi manusia akan bisa melebihi kedudukan malaikat jika manusia mampu menjalankan perinyah Allah dan menjahui apa yang di larangNya.

Umat Islam adalah umat yang sangat istimewa di antara umat-umat sebelum islam. Islam istimewa di antara agama samawi. di antara keistimewaan umat Islam (umat Muhammad SAW.) adalah, di aunugrahinya bulan-bulan yang penuh berkah dan di agungkan langsung oleh Allah SWT. tidak seperti umat terdahulu yang tidak ada keistimewaan bulan dan sebagainya. Nah penulis pada kesempatan di bulan mulya ini (Sya'ban) ingin menyampaikan untain hikmah di balik bulan penuh berkah ini, walaupun penulis sendiri belum bisa memaksimalkan waktu di bulan penuh berkah ini. Tapi itulah daya upaya sebagai insan akademis, kita bisa saling mengingatkan diri kita masing - masing, supaya tidak terlalu jauh kita dari rahmat Allah dan selalu bisa berusaha mendekatkan diri pada Allah SWT. amiin.

Baru saja tadi habis sholat Isa' berjama'ah di masjid Raudlatus Sholohin di bilangan 8 Distrik Kairo Mesir saya mengikuti muhadhoroh atau ceramah kultum yang di samapaikan oleh Imam masjid tersebut, ma'af gak tahu namanya siapa imam tersebut, tapi intiya sang imam menyampaikan hikmah di balik nama bulan Sya'ban.adlah bulan yang agung banyak kautamaan yang harus di usahakan melakukanya oleh umat Islam.

Diceritakan Imam Ali bin Abi Thalib radiyalloh anhu. berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:
“Rajab bulan Allah Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku. Barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulan sya'ban, maka wajib baginya surga. Barangsiapa yang dua hari, maka ia akan menjadi sahabat para nabi dan shiddiqin pada hari kiamat. Barangsiapa yang berpuasa penuh satu bulan dan bersambung dengan bulan Ramadhan, maka dosa-dosa diampuni, dosa kecil maupun dosa besarnya walaupun ia berasal dari darah haram.”
Hadis ini bersumber dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (radhiyallah Anhu) dari ayahnya dari bapak-bapaknya dari Imam Ali bin Abi Thalib ((radhiyallah Anhum)). (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 55)

Hadis ini ada beberapa ulama' mengatakan adalah dho'if dan maudu'. tapi menurut sebagian ulama' hadis dho'if boleh di jadikan fadhoilulamal, sebagai motifasi untuk giat melaksakan ibadah kepada Allah. Allah maha tahu apa yang di kerjakan hambanya, amalan baik tidak akan di sia-siakan oleh Allah dana akan di catat sebagia malan yang termasuk di ridhoi Allah jika niat ikhlas karna Allah.

ada banyak keutamaan pada bulan Rajab ini, itu semua adalah motivasi untuk memasuki bulan yang sangat suci di antara bulan-bulan lain. dimana pada salah satu malam di bulan suci itu di turunkan Al Qur'an dan satu malam itu di namakan malam "lailatul qodar" yaitu malam yang di lipat gandakan semua malan umat islam sampai-sampai malam itu lebih baik dari seribu bulan atau 83 tahun. ini adlah termasuk keutamaan umat Islam walau di beri umur pendek tidak seperti umur umat terdahulu yang mencapai ratusan tahun. tapi umat islam setiap satu tahu di beri satu malam yang lebih baik dari 83 tahu jika rata-rata umur umat islam 63 tahun di kali 83 tahun sama dengan 5229 tahu. Subhanallah Allah mah adil dan bijaksana.Maka dari itu tiga bulan berturut-turut yang di mulyakan Allah adalah bulan pembuka untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Akhirnya kita hanya bisa berusaha dan berdo'a semoga Allah sealu membimbing kita dan memberikan rahmat dan inayahnya sehingga kita bisa menjemput dan melaksanakn ibadah di dalam bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar